Banner Exchange

silahkan anda copy rumus link yang ada di bawah gambar untuk membuat link blog ini di blog anda.link yang akan anda lihat tampak seperti di gambar



Optionally use this Widget installer to add this link to your blogger blog.

5 Cara Menggunakan Wikipedia dengan Lebih Baik

Wikipedia adalah salah satu situs terpopuler di dunia dan apabila cara kerja Anda mirip dengan saya, Wikipedia selalu menjadi titik awal dalam meneliti topik apapun — dan tempat satu-satunya yang Anda kunjungi untuk mencari beberapa fakta singkat. Apabila benar begitu, di bawah ini adalah 5 tips untuk menggunakan Wikipedia dengan lebih cepat, menarik dan efisien. Tingkatkan fungsionalitas Wikipedia dengan beberapa aplikasi dan extension ini:

1. Dapatkan Informasi Tanpa Perlu Mengunjungi Wikipedia


Terkadang Anda membaca sebuah istilah di situs internet yang ingin Anda cari artinya di Wikipedia, tetapi Anda juga tetap ingin membaca artikel tersebut sampai selesai. Apabila Anda menginstal add-on Firefox ini, dua keinginan Anda dapat tercapai.

AQwikiWiki memungkinkan Anda untuk memblokir istilah tersebut dan menambahkan definisi Wikipedia ke dalam artikel dengan melakukan klik kanan. QuickWiki juga dapat melakukan hal yang sama dengan sebuah kombinasi keyboard shortcut dan satu kali klik. Kedua add-on ini melakukan hal yang sama, Anda hanya tinggal memilih mana yang lebih Anda suka.

2. Mengakses Wikipedia dengan Cepat


Apabila memiliki iPhone, kedua aplikasi Wikiamo maupun Wikipanion dirancang untuk membantu pengguna menjelajah Wikipedia dengan efisien. Masing-masing memiliki fitur uniknya sendiri jadi sebaiknya Anda mencoba keduanya untuk menentukan mana yang lebih cocok.

Satu hal yang pasti: keduanya membuat pencarian Wikipedia lebih cepat dan lebih mudah dibaca dibandingkan apabila Anda membacanya di browser Safari iPhone.

3. Pakai Wikipedia Secara Offline dengan Wikitaxi


Apabila Anda menggunakan Windows, gunakan WikiTaxi untuk mengunduh seluruh isi Wikipedia secara penuh untuk disimpan di hard disk atau bahkan Anda bawa-bawa di flash disk Anda. Versi penuh Wikipedia berbahasa Inggris hanya membutuhkan penyimpanan sebesar 8GB. Keuntungannya adalah saat Anda tidak memiliki koneksi internet, Anda tetap dapat mendapatkan informasi tentang apapun di Wikipedia.

Anda juga dapat menanamkan Wikipedia ke iPod, walaupun tips ini tidak berlaku untuk iPod Touch.

4. Temukan yang Anda Cari


Wikiproxy adalah sebuah skrip Greasemonkey yang menghubungkan beberapa terminologi kunci di halaman-halaman yang Anda kunjungi dengan halaman Wikipedia.

Smarter Wikipedia merekomendasikan halaman-halaman yang berhubungan dalam Wikipedia sendiri. Dengan terpasangnya skrip ini, Anda mendapatkan sidebar related pages yang memudahkan Anda untuk mencari berbagai fakta menarik yang berhubungan.

5. Edit Wikipedia dengan Efisien


WikiEd adalah skrip Greasemonkey yang memberikan editor WYSIWYG (What You See is What You Get) lengkap untuk Wikipedia maupun beberapa jenis Wiki lain. Apabila Anda sering lupa syntax Wikipedia untuk menulis artikel dalam format tertentu, WikiEd akan sangat membantu Anda.

Bonus


Dan jangan lupa juga Simpledia, sebuah skrip yang memberikan Wikipedia perubahan tampilan menjadi lebih bergaya minimalis.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More