Banner Exchange

silahkan anda copy rumus link yang ada di bawah gambar untuk membuat link blog ini di blog anda.link yang akan anda lihat tampak seperti di gambar



Optionally use this Widget installer to add this link to your blogger blog.

Menjaga keawetan Laptop

Laptop merupakan barang elektronik yang paling dibutuhkan saat ini, khususnya oleh pelajar, mahasiswa dan praktisi kerja. Kerusakan pada laptop dapat mengganggu produktivitas penggunanya. Kerjaan berantakan, data – data hilang dsb. Anehnya, hasil survey salah satu perusahaan laptop terkemuka di korea menyatakan bahwa 68% kerusakan laptop disebabkan oleh kesalahan penggunaan dan perawatan. Berikut ini tips2 yang dapat menghindari kerusakan dini pada laptop anda dan dapat menjaga keawetan laptop anda :

1. Hindari download freeware yang belum jelas keamanannya.

Banyak memang freeware yang tersebar luas di internet. Banyak yang bermanfaat, namun tidak sedikit pula yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada laptop kita. Scan dahulu program2 gratis yang anda download sebelum anda menginstalnya..Karena virus, worm dan threat2 lainnya paling suka menginfeksi freeware sebagai media penyebarannya.
2. Jangan memangku laptop anda saat menggunakannya.

Lubang vetilasi laptop bisa tertutup dan menyebabkan overheat pada laptop. Akibatnya umur laptop menjadi berkurang secara signifikan.

3. Selalu jaga kebersihan laptop

Sekecil apapun debu yang masuk pada laptop kita dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Debu dapat menyebabkan korosi pada bagian metal conector laptop dan berpotensi menyebabkan hubungan pendek pada laptop. Jika hal itu terjadi..buuum..selamat tinggal laptop tersayang…

4. Jangan memakai laptop di atas permukaan yang lunak.

Karpet, sofa dan tempat tidur adalah tempat favorit yang sering kita gunakan sebagai alas saat ber-laptop ria. Namun tahukah anda jika laptop bisa lebih cepat panas jika dipakai di tempat yang empuk? Hal itu karena ventilasi laptop akan tersumbat sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa ditransfer keluar.

5. Gunakan stabilizer

Jika anda sedang memakai laptop tanpa baterai, maka gunakan stabilizer agar laptop tidak rusak akibat perubahan tegangan listrik secara tiba2.

6. Istrirahatkan laptop untuk beberapa menit.

Jika tugas atau kerjaan sedang menumpuk, seringkali laptop harus ikut bekerja keras sepanjang malam. Istirahatkan laptop anda 15-20 menit sebelum dipakai lagi supaya kondisi laptop tetap optimal.

7. Jangan membawa laptop dengan sembarangan

Hati2 jika anda membawa laptop. Usahakan jangan sampai ada bagian yang tergores atau bahkan terjatuh saat anda bawa.

8. Jangan minum, meletakkan minuman atau bahan2 cair lain di sebelah laptop. Dikhawatirkan cairantersebut tanpa sengaja tertumpah di laptop dan membuat laptop anda crash bahkan mati total.

9. Jangan meletakkan apapun di antara keyboard dan layar karena bisa membuat goresan serius pada layar laptop.

10. Jangan pernah mencoba membongkar sendiri laptop anda.

Laptop merupakan barang elektronik yang sangat rawan. Satu kesalahan kecil saja anda lakukan, bisa berakibat sangat fatal terhadap umur dan kondisi laptop anda. Jika suatu hal terjadi pada laptop anda, tindakan yang paling bijak adalah dengan membawanya ke service center resmi produsen laptop tersebut. Semoga tips ini dapat membantu menjaga keawetan laptop kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More