Banner Exchange

silahkan anda copy rumus link yang ada di bawah gambar untuk membuat link blog ini di blog anda.link yang akan anda lihat tampak seperti di gambar



Optionally use this Widget installer to add this link to your blogger blog.

Tips menjaga baterai laptop tetap awet

Notebook atau yang lebih sering dikenal dengan laptop kini tidak lagi menjadi barang yang langka, apalagi bagi mahasiswa maupun para praktisi kerja. Hampir semua orang telah memiliki komputer mobile bertenaga baterai tersebut. Baterai menjadi salah satu bagian yang paling penting dari laptop karena sangat diperlukan jika kita sedang mobile dan tidak terdapat sumber listrik di sekitar kita saat itu. Berikut ini tips-tips praktis bagaimana menjaga baterai laptop kita agar tetap awet dan tidak cepat rusak :

1. Jangan pernah memakai charger sembarangan.

Jika suatu saat charger laptop kita rusak, jangan sekali2 memakai charger yang tidak kompatibel dengan laptop kita. Minimal kita jangan memakai charger dari laptop yang berbeda merk, sekalipun keadaannya sangat darurat. Karena setiap charger dan baterai memiliki karakter arus dan voltase sendiri2. Memakai charger yang tidak kompatibel bisa membuat baterai laptop anda cepat rusak bahkan bisa panas dan meledak.

2. Jangan memangku notebook

Memakai notebook dengan cara dipangku dapat menyumbat lubang ventilasi kipas laptop sehingga laptop dan baterainya menjadi cepat panas. Hal itu diperparah lagi dengan suhu tubuh kita yang juga hangat. Panas yang berlebihan menyebabkan sel2 baterai notebook kita menjadi cepat rusak.

3. Selalu cek kebersihan baterai.

Bersihkan selalu debu2 di kontak baterai atau metal2 yang ada, Jangan sampai ada klip kertas atau logam2 lain yang bisa menghubungkan kontak2 tersebut. Jika hal itu terjadi bisa2 laptop dan baterai kita mengalami hubungan pendek. Bahkan debu yang kecil sekalipun berpotensi membuat konektor metal baterai terkorosi dan berkarat.

4. Jangan memakai notebook diatas karpet atau sofa atau tempat yanglunak lainnya.

Jika ingin memakai notebook di tempat tersebut diatas, pergunakanlah alas yang keras. Karena jika tidak..maka laptop akan mengalami overheating karena ada penyumbatan lubang ventilasi oleh karpet tsb.

5. Hindari goncangan, tekanan atau benturan keras pada baterai atau laptop.

6. Jangan enaruh laptop di tempat yang panas, seperti di baewah terik matahari dsb.

7. Jangan memakai laptop di tempat yang terlalu lembab atau basah.

Hal yang ditakutkan adalah adanya air yang dapat merusak sirkuit2 baterai dan laptop kita. selalu jaga laptop kita dari air maupun panas yang berlebihan.


9. Jangan terlalu lama mengisi baterai.

Pastikan anda melepas charger anda jika baterai sudah penuh. Jangan terlalu lama mengisi baterai jika sudah penuh, apalagi sampai ditinggal tidur, hal itu dapat mempercepat umur sel2 yang ada di dalam baterai notebook anda.

10. bacalah manual book secara teliti.

Beberapa merk laptop memiliki aturan khusus berkenaan dengan produk mereka. Bacalah manual book laptop anda dan pastikan kita menjadikannya sebagai pedoman pemakaian.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More