Banner Exchange

silahkan anda copy rumus link yang ada di bawah gambar untuk membuat link blog ini di blog anda.link yang akan anda lihat tampak seperti di gambar



Optionally use this Widget installer to add this link to your blogger blog.

spesifikasi minimun windows 7

Anda tentu sudah tahu akan munculnya sistem operasi baru dari Microsoft, Windows 7 (seven). Kehadirannya mungkin sudah banyak ditunggu termasuk oleh anda dan saya sendiri. Saat ini Windows 7 masih dalam status Beta dimana versi RC-nya (Release Candidate) sudah beberapa kali disediakan oleh microsoft untuk di-download oleh publik. Disini saya tidak akan mengulas apa dan bagaimana fitur-fitur terbaru Windows 7, namun bagi yang ingin mengetahuinya silahkan melihat situs microsoft. Di situs resminya tersebut akan banyak diterangkan secara detail mengenai Windows 7.

Dalam tulisan ini saya hanya akan menguraikan spesifikasi minimum bagi komputer agar Windows 7 dapat berjalan. Tentu saja syarat minimum ini tidak akan memberikan hasil optimal namun hanya sebagai batasan terendah dimana Windows 7 masih bisa dioperasikan. Bersamaan dengan dikeluarkannya Windows 7 versi RC maka spesifikasi minimum terkini pun dirilis. Apa saja kebutuhan minimum tersebut, berikut rinciannya menurut ZDNet via mydigitallife :
Prosesor dengan kecepatan 1 GHz baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit
RAM sebesar 1 GB (32-bit) dan 2 GB (64-bit).
Ruang Hardisk sebesar 16 GB (32-bit) dan 20 GB (64-bit).
DirectX 9 graphics device dengan driver WDDM 1.0 atau lebih.
Ternyata spesifikasi minimumnya di luar perkiraan saya, masalahnya Windows 7 ini kemungkinan besar akan disandingkan dengan produk-produk netbook (bukan notebook) yang notabene memiliki spesifikasi di bawah notebook. Bayangan saya dengan RAM 256 atau 512 MB pun Windows 7 sudah bisa dijalankan ternyata rekomendasi di atas menunjukkan RAM paling rendah adalah 1 GB. Sepertinya Windows 7 tidak akan bisa berjalan dengan lancar di Compaq Evo N600C milik saya :(.

Bagi anda yang memiliki notebook/laptop ataupun PC dengan spesifikasi melebihi yang direkomendasikan tentu akan leluasa mengoperasikan Windows 7. Apalagi kalau prosesor yang dibenamkannya sudah di atas Core-2-Duo, aman. Dengan prosesor yang saya sebutkan terakhir tadi, anda sudah mampu menjalankan Windows 7, dan dengan menggunakan Windows Virtual PC ataupun dengan Windows XP Mode anda dapat kembali menggunakan Windows versi sebelumnya. Berikut ini adalah spesifikasi minimum untuk menjalankan software Windows Virtual PC atau Windows XP Mode di Windows 7 (diedit oleh endeavorist pada 17 Mei 2009).
RAM tersedia 2 GB.
Ruang hardisk yang ada 15 GB.
Dukungan Intel-VT ataupun AMD-V dan enabled CPU (untuk keperluan virtualisasi).
Bingung ??? Jika anda bingung dengan kita tunggu saja rilis resmi Windows 7 yang telah di-bundling dengan netbook ataupun notebook. Kelebihannya Anda tidak perlu men-download software Windows Virtual PC ataupun Windows XP Mode, kekurangannya anda harus beli netbook/notebook baru dulu Hehehe. Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More